Membuat rumus hlookup Dan vlookup link

Cara membuat rumus hlookup 
dan vlookup pada Microsoft Excel

Yang pertama kita membahas hlookup :
-hlookup untuk mencari nilai pada baris atau kolom tertentu.
-sedangkan vlookup untuk mencari nilai dalam suatu tabel menggunakan bantuan table vertikal.

 Jadi ada dua tabel yaitu tabel utama dan tabel vertikal


Berikut contoh tablenya:

.



Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel D5).
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:

=VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,2)
Keterangan:
B5 = Nilai kunci yaitu sebagai nilai acuan untuk menentukan data yang akan kita ambil.
$B$14:$E$16 = Letak tabel / Besar jangkaun tabel tujuan.
2 = nomor kolom gaji pokok pada Tabel Gaji.

Catatan :
karena posisi “Tabel Gaji” yang akan kita ambil nilainya berposisi tetap maka kita perlu mengabsolutkan sel/range data pada tabel tersebut dengan  tambahkan $ pada sebelum dan sesudah kolom ,atau cara mudahnya kita bisa menekan tombol F4 pada keyboard setelah menentekukan "Table_array" atau "Letak_Table".untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag formula.Lihat gambar dibawah:
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:
Lakukan hal yang sama pada kolom Tunjangan dan Transport.maka akan mendapatkan hasil sebagai berikut:
Rumus VLOOKUP Tunjangan:
Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel E5).kita tinggal sesuaikan nomor kolom .Pad Tabel Gaji, Tunjangan Berada pada kolom ke 3 .
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,3)
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:



Rumus VLOOKUP Transport:
Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel F5).kita tinggal sesuaikan nomor kolom .Pad Tabel Gaji, Tunjangan Berada pada kolom ke 4 .
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,4)
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:


Penerapan Hlookup
Pada contoh kali ini kita akan menentukan pajak gaji karyawan dengan menggunakan fungsi hlookup.
rumus pajak adalah = persentase pajak x gaji pokok.
lihat tabel berikut:
Kita bisa merumuskan fungsi HLOOKUP pada pajak sebagai berikut:
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=HLOOKUP(B5,$G$13:$I$14,2)*D5
Keteangan:
Keterangan:
B5 = Nilai kunci yaitu sebagai nilai acuan untuk menentukan data yang akan kita ambil.
$G$13:$I$14 = Letak tabel / Besar jangkaun tabel tujuan.
2 = nomor baris besar persentase pajak pada Tabel Potongan Pajak.
D5 = sel gaji pokok .

Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:

Sekian Tutorial / Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP PADA Microsoft EXCEL dengan Mudah. Semoga bermanfaat, Terimakasih Sudah berkunjung, untuk selengkapnya lihat video di bawah ini.





Komentar