Membuat rumus hlookup Dan vlookup link
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Cara membuat rumus hlookup
dan vlookup pada Microsoft Excel
-hlookup untuk mencari nilai pada baris atau kolom tertentu.
-sedangkan vlookup untuk mencari nilai dalam suatu tabel menggunakan bantuan table vertikal.
Jadi ada dua tabel yaitu tabel utama dan tabel vertikal
Jadi ada dua tabel yaitu tabel utama dan tabel vertikal
Berikut contoh tablenya:
Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel D5).
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
B5 = Nilai kunci yaitu sebagai nilai acuan untuk menentukan data yang akan kita ambil.
$B$14:$E$16 = Letak tabel / Besar jangkaun tabel tujuan.
2 = nomor kolom gaji pokok pada Tabel Gaji.
Catatan :
karena posisi “Tabel Gaji” yang akan kita ambil nilainya berposisi tetap maka kita perlu mengabsolutkan sel/range data pada tabel tersebut dengan tambahkan $ pada sebelum dan sesudah kolom ,atau cara mudahnya kita bisa menekan tombol F4 pada keyboard setelah menentekukan "Table_array" atau "Letak_Table".untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag formula.Lihat gambar dibawah:
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:
Lakukan hal yang sama pada kolom Tunjangan dan Transport.maka akan mendapatkan hasil sebagai berikut:
Rumus VLOOKUP Tunjangan:
Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel E5).kita tinggal sesuaikan nomor kolom .Pad Tabel Gaji, Tunjangan Berada pada kolom ke 3 .
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
Rumus VLOOKUP Transport:
Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel F5).kita tinggal sesuaikan nomor kolom .Pad Tabel Gaji, Tunjangan Berada pada kolom ke 4 .
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
Penerapan Hlookup
Pada contoh kali ini kita akan menentukan pajak gaji karyawan dengan menggunakan fungsi hlookup.
rumus pajak adalah = persentase pajak x gaji pokok.
lihat tabel berikut:
Kita bisa merumuskan fungsi HLOOKUP pada pajak sebagai berikut:
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
Keterangan:
B5 = Nilai kunci yaitu sebagai nilai acuan untuk menentukan data yang akan kita ambil.
$G$13:$I$14 = Letak tabel / Besar jangkaun tabel tujuan.
2 = nomor baris besar persentase pajak pada Tabel Potongan Pajak.
D5 = sel gaji pokok .
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:
Sekian Tutorial / Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP PADA Microsoft EXCEL dengan Mudah. Semoga bermanfaat, Terimakasih Sudah berkunjung, untuk selengkapnya lihat video di bawah ini.
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,2)Keterangan:
B5 = Nilai kunci yaitu sebagai nilai acuan untuk menentukan data yang akan kita ambil.
$B$14:$E$16 = Letak tabel / Besar jangkaun tabel tujuan.
2 = nomor kolom gaji pokok pada Tabel Gaji.
Catatan :
karena posisi “Tabel Gaji” yang akan kita ambil nilainya berposisi tetap maka kita perlu mengabsolutkan sel/range data pada tabel tersebut dengan tambahkan $ pada sebelum dan sesudah kolom ,atau cara mudahnya kita bisa menekan tombol F4 pada keyboard setelah menentekukan "Table_array" atau "Letak_Table".untuk menghindari kesalahan pada saat copy formula atau drag formula.Lihat gambar dibawah:
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:
Lakukan hal yang sama pada kolom Tunjangan dan Transport.maka akan mendapatkan hasil sebagai berikut:
Rumus VLOOKUP Tunjangan:
Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel E5).kita tinggal sesuaikan nomor kolom .Pad Tabel Gaji, Tunjangan Berada pada kolom ke 3 .
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,3)Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:
Rumus VLOOKUP Transport:
Karena kita akan menggunakan rumus vlookup pada kolom gaji pokok (pada sel F5).kita tinggal sesuaikan nomor kolom .Pad Tabel Gaji, Tunjangan Berada pada kolom ke 4 .
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=VLOOKUP(B5,$B$14:$E$16,4)Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:
Penerapan Hlookup
Pada contoh kali ini kita akan menentukan pajak gaji karyawan dengan menggunakan fungsi hlookup.
rumus pajak adalah = persentase pajak x gaji pokok.
lihat tabel berikut:
Kita bisa merumuskan fungsi HLOOKUP pada pajak sebagai berikut:
Kita bisa merumuskan fungsi Vlookupnya sebagai berikut:
=HLOOKUP(B5,$G$13:$I$14,2)*D5Keteangan:
Keterangan:
B5 = Nilai kunci yaitu sebagai nilai acuan untuk menentukan data yang akan kita ambil.
$G$13:$I$14 = Letak tabel / Besar jangkaun tabel tujuan.
2 = nomor baris besar persentase pajak pada Tabel Potongan Pajak.
D5 = sel gaji pokok .
Kemudian enter.maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut.kemudian Drag /Copy formula sampai kebawah:
Sekian Tutorial / Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP PADA Microsoft EXCEL dengan Mudah. Semoga bermanfaat, Terimakasih Sudah berkunjung, untuk selengkapnya lihat video di bawah ini.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar